cover
Contact Name
Aris Baharuddin
Contact Email
hennizainal3@gmail.com
Phone
+6285399188543
Journal Mail Official
hennizainal3@gmail.com
Editorial Address
Jalan Andi Pettarani Makassar
Location
Kota makassar,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Pinisi Business Administration Review
ISSN : 26566524     EISSN : 27757102     DOI : 10.26858
Pinisi Business Administration Review published with the process of peer review and open access with ISSN (Print): 2086-6364. published twice a year in March and September in the field of business administration. Pinisi Business Administration Review is a publication media to channel scientific work of lecturers, theoretical, and practitioners in the fields of business administration, economics, management and observers of business administration.This journal was published by the Business Administration Study Program of the Faculty of Social Sciences, Makassar State University. Publish the results of research, original thinking, development, teaching, popular writing, and book studies in the fields of business administration, economics, management with peer review and open access processes.
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Volume 1, Number 2, September 2019" : 8 Documents clear
Kompetensi Karyawan Terhadap Peningkatan Kinerja Pada PT. Taspen (Persero) KCU Makassar Muhammad Jihad Firman; Maya Kasmita; Ruslaily Ramadhana
Pinisi Business Administration Review Volume 1, Number 2, September 2019
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26858/pbar.v1i2.10529

Abstract

Keberhasilan organisasi dalam mencapai tujuan sangat ditentukan oleh kinerja organisasi yang sangat dipengaruhi oleh kompetensi karyawan dan peningkatan kinerja. Tujuan penelitian ini adalah Untuk menganalisis dan mengkaji Kompetensi Karyawan Terhadap Peningkatan Kinerja Pada PT. Taspen (Persero) KCU Makassar. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kuantitatif. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah interview dan koesiener. Populasi dan sampel yang digunakan sebanyak 51 responden. Analisis statistik digunakan untuk membantu peneliti mengenai makna hubungan antar variable. Analisis statistic inferensial digunakan untuk menguji hipotesis penelitian. Adapun analisis statistik inferensial yang digunakan adalah analisis regresi berganda dan regresi ganda model linear. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi karyawan berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan. Dengan adanya kompetensi pada karyawan maka kinerja pada PT. Taspen (Persero) KCU Makassar akan meningkat.
The Influence Between Brand Loyalty and Brand Equity on Behavioral Loyalty and Attitudinal Loyalty Muh. Said; Asri Asri
Pinisi Business Administration Review Volume 1, Number 2, September 2019
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26858/pbar.v1i2.10339

Abstract

The level of development of the competitive environment in marketing today is increasingly aligned with the era of the digital industry that is a marketing or promotional activity or product or brand by using digital media or the internet or it can be said that digital marketing is an institution that can attract consumers or potential customers quickly and can reach all potential areas. The purpose of this study was to determine the effect of brand loyalty on brand equity, the effect of brand equity on behavioral loyalty, and the effect of brand equity on attitudinal loyalty. The research method used is hypothesis testing. The study was conducted by distributing questionnaires to respondents. The determination of the population in this study was the strata 1 students of the Management Program of STIE Nobel Indonesia Makassar and the samples of this study were 100 respondents. The results showed that brand loyalty has a significant and positive influence on brand equity. Brand equity has a significant and positive direct effect on behavioral loyalty. Brand equity has a significant and positive direct effect on aititudinal loyalty.
Pengaruh Modal Sosial Terhadap Peningkatan Kinerja Pada UMKM Rumah Makan di Kota Tentena Kabupaten Poso Abdi Sakti Walenta
Pinisi Business Administration Review Volume 1, Number 2, September 2019
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26858/pbar.v1i2.10658

Abstract

Pentingnya modal sosial pada UMKM merupakan salah satu faktor non finansial  dalam pengembangan UMKM yang lebih sustainablity. Premis yang diajukan dalam penggunaan modal sosial adalah semakin besar modal sosial yang dimiliki oleh UMKM maka tingkat keberhasilan sekaligus keberlangsungan usaha tersebut lebih besar dibandingkan dengan yang tidak memiliki atau modal sosialnya tidak besar. Tujuan penelitian ini adalah ingin melihat 1) bagaimana pengaruh modal sosial yang terdiri dari: dimensi kognitif, dimensi relational dan dimensi struktural secara parsial terhadap Kinerja UMKM kuliner kota Tentena Kabupaten Poso dan 2) bagaimana pengaruh modal sosial yang terdiri dari: dimensi kognitif, dimensi relational dan dimensi struktural secara simultan terhadap Kinerja UMKM kuliner kota Tentena Kabupaten Poso. Hasil penelitian menyatakan permasalahan utama yang dihadapi UKM adalah sumberdaya manusia. Hasil analisis Stastical Product and Service Solution (SPSS) menyatakan modal sosial memiliki pengaruh positif namun kurang signifikan terhadap kinerja UMKM.
Contextual Teaching Learning Dalam Pembelajaran Ekonomi Yulianti Yulianti; Ilham Thaief; Rahmatullah Rahmatullah
Pinisi Business Administration Review Volume 1, Number 2, September 2019
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26858/pbar.v1i2.9988

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar ekonomi melalui model pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL), pada kompetensi dasar Kegiatan Ekonomi Dalam Memanfaatkan Sumber Daya Alam semester genap tahun pelajaran 2019/2020 dengan subjek penelitian sebanyak 25 siswa. Teknik pengumpulan observasi pada saat berlangsungnya proses pembelajaran dan tes yang diberikan pada awal dan akhir siklus. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan diperoleh skor rata-rata untuk siklus I ialah 1305 sedangkan ketuntasan klasikalnya mencapai 20 persen. Dan pada siklus II di peroleh skor rata-rata 1542,5 dengan ketuntasan klasikal 80 persen. Meningkatnya hasil belajar ekonomi peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL) ditandai dengan semakin meningkatnya persentase kategori dari kategori rendah pada siklus I menjadi kategori tinggi pada siklus II. Data hasil observasi menunjukkan terjadi peningkatan hasil belajar peserta didik dalam belajar ekonomi pada saat pembelajaran. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL) dapat meningkatkan hasil belajar ekonomi di SMAN 2 Camba-Maros
Pengaruh Pengawasan Langsung dan Pengawasan Tidak Langsung terhadap Kinerja Karyawan pada PT Nutrifood Indonesia Cabang Komplek Pergudangan Calindo Samarinda Arwin Sanjaya; Isnawati Isnawati; Tuti Wediawati
Pinisi Business Administration Review Volume 1, Number 2, September 2019
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26858/pbar.v1i2.10661

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis pengaruh pengawasan langsung dan pengawasan tidak langsung secara simultan maupun parsial terhadap kinerja karyawan dan untuk mengetahui variabel mana yang berpengaruh dominan terhadap kinerja karyawan pada PT Nutrifood Indonesia Cabang Komplek Pergudangan Calindo Samarinda. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari variabel independen yaitu pengawasan langsung (X1) dan pengawasan tidak langsung (X2) serta variabel dependen yaitu kinerja karyawan (Y). Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan rancangan penelitian survei untuk menguji pengaruh antara dua variabel. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh yaitu seluruh karyawan sebanyak 35 responden. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa variabel pengawasan langsung (X1) dan variabel pengawasan tidak langsung (X2) secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan (Y). Hasil penelitian juga menunjukan variabel pengawasan langsung (X1) dan variabel pengawasan tidak langsung (X2) secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan (Y). Variabel pengawasan langsung (X1) merupakan variabel yang berpengaruh dominan dalam penelitian ini. Saran untuk pihak perusahaan, (i) agar perusahan menerapkan sistem absen finger print, (ii) sanksi berupa potong gaji bagi karyawan yang tidak masuk kerja tanpa keterangan, (iii) memberikan denda atau teguran kepada karyawan yang datang terlambat dan pulang kerja sebelum waktunya.
Kompetensi, Kedisiplinan, Motivasi dan kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Muh Rizal S; Muh Lutfi Siraj
Pinisi Business Administration Review Volume 1, Number 2, September 2019
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26858/pbar.v1i2.10554

Abstract

Sumber daya manusia merupakan dalah satu unsur dari organisasi dan mempunyai peranan yang penting dalam kegiatan organisasi. Penelitian ini bertujuan menguji pengaruh variabel kompetensi, kedisiplinan, motivasi, dan kepuasan kerja terhadap kinerja pegawai pada yayasan pendidikan dimakassar. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, interview, dokumentasi dan kuesioner. Data dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif, analisis regresi berganda, uji validitas, uji realibitas serta pengujian hipotesis. Hasil penelitian keofisien regresi untuk kompetensi sebesar 0,325, serta memiliki nilai pvalue 0,029, sehingga dapat disimpulkan bahwa kompetensi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai pada yayasan pendidikan Muhammad Natzir di Makassar. Dari hasil koefisien regresi maka diperoleh hasil koefisien regresi untuk kedisiplinan sebesar 0,290, serta memiliki nilai pvalue 0,033, sehingga dapat disimpulkan bahwa kedisiplinan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai pada yayasan pendidikan Muhammad Natzir di Makassar. Berdasarkan hasil analisis koefisien regresi maka diperoleh hasil koefisien regresi untuk motifasi sebesar 0,195, serta memiliki nilai pvalue 0,008, sehinga dapat disimpulkan bahwa motifasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai pada yayasan pendidikan Muhammad Natzir di Makassar. Dari hasil analisis kofisien regresi maka diperoleh hasil koefisien regresi untuk kepuasan kerja sebesar 0,185, serta memiliki nilai pvalue 0,004, sehingga dapat disimpulkan bahw kompetensi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai pada yayasan pendidikan Muhammad Natzir di Makassar.
Disiplin Kerja Karyawan Pada PT. Taspen (Persero) KCU Makassar Henni Zainal; Aris baharuddin; Syurwana farwita; Patawari Patawari
Pinisi Business Administration Review Volume 1, Number 2, September 2019
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26858/pbar.v1i2.10583

Abstract

Sumberdayamanusia(SDM)yangberperan merencanakanmelaksanakan dan mengendalikan organisasi yang bersangkutan, dengan penerapan sikap disiplin seorang karyawan maka perusahaan akan berhasil dan akan meningkatkan profit perusahaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui disiplin kerja karyawan di PT. Taspen (Persero) KCU Makassar. Penelitian yang dilakukan dengan pendekatan kuantitatif Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah interview dan koesiener. Populasi dan sampel yang digunakan sebanyak 51 responden. Analisisstatistikdigunakanuntukmembantupenelitimengenaimakna hubunganantar variable.Analisis statistic inferensial digunakanuntuk mengujihipotesispenelitian.Adapunanalisisstatistikinferensial yangdigunakanadalah analisis regresibergandadanregresigandamodellinear. Hasil penelitian menunjukkan bahwa disiplin kerja karyawan dapat meningkatkan profit karyawan di PT. Taspen (Persero) KCU Makassar. Dengan hasil yang diproleh maka peruhaan tersebut berhasil membina karyawannya untuk meningkatkan kedisiplinan yang dimiliki.  
Ekspektasi Harga Saham Karyawan di PT. Telekomunikasi Indonesia Fakhri kahar; Andi Caesar To Taddampali; Nasaruddin H
Pinisi Business Administration Review Volume 1, Number 2, September 2019
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26858/pbar.v1i2.10584

Abstract

Perkembangan ekonomi dan dunia usaha di Indonesia menunjukkan bahwa kemajuan sebuah perusahaan tidak hanya bergantung pada dukungan pemerintah saja, tetapi juga bergantung pada kualitas karyawannya. Harga saham akan selalu menjadi perhatian utama bagi pemilik saham siapa pun juga termasuk karyawan Telkom. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ekspektasi harga saham di PT. Telekomunikasi Indonesia.Penelitian dilakukan dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian dapat dilakukan dengan studi longitudinal atau studi cross-sectional. Studi longitudinal memerlukan horison waktu yang lebih lama daripada studi cross- sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan Telkom yang mengikuti program kepemilikan saham pada Juni 2013. Jumlah populasi ini diperkirakan 60% dari total karyawan Telkom atau sekitar 9000 karyawan, dengan menggunakan tingkat error 5 % pada slovin, maka untuk populasi 9000, ukuran sampel adalah 383 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, dokumentasi dan koesiener. Teknik analisis data menggunakan teknik statistika dengan bantuan aplikasi software SPSS. Hasil penelitian ekpektasi karyawan tentang kenaikan harga saham dipengaruhi oleh indikator potensi pertumbuhan industri telco dengan respon paling tinggi. Indikator ekspansi usaha yang dilakukan oleh perusahaan mendapatkan respon paling rendah.

Page 1 of 1 | Total Record : 8